Tempat Wisata Alam Di Balikpapan

5 min read

Tempat Wisata Alam Di Balikpapan
5 (100%) 6 votes

Surga wisata alam tersembunyi dari kota minyak atau Banua Patra, begitulah orang menyebut kota Balikpapan. Balikpapan memang memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk di kunjungi. Memiliki luas 503,3 Km menjadikan Balikpapan sebagai salah satu kota yang cukup luas di Indonesia. Maskot kota ini yang cukup terkenal adalah beruang madu. Jadi bagi kamu yang mau banget bercengkrama dengan beruang madu, datang saja ke kota Balikpapan. Kamu bisa melihat beruang madu di habitatnya langsung di Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup (KWPLH).

Kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata religi yang berada di Balikpapan. Untuk kamu yang suka banget makan, jangan lupa mencoba kuliner kota balikpapan yang sangat khas. Karena di Kota ini banyak tempat wisata kuliner yang tidak hanya menarik tetapi rasa nya juga lezat. Harganya pun cukup bersahabat dengan kantong backpacker, jadi jangan khawatir maslah kantong kalau jajan di kota ini.

Nah berikut ini tempat wisata alam di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman pada saat waktu luang atau liburan bersama keluarga.

Tempat Wisata Alam di Balikpapan Yang Terkenal

1. Pantai Melawai

Gambar Pantai Melawai
Gambar Pantai Melawai

Pantai melawai adalah salah satu tempat wisata alam di balikpapan yang menjadi spot favorit bagi wisatawan lokal.  Pemandangan alam yang sangat mempesona di pantai ini terbentang luas,. Kita juga bisa menikmati wisata kuliner balikpapan dengan harga murah dan pas di kantong.

Nah untuk kamu yang nanya kapan waktu yang tepat datang ke pantai melawai. Disarankan untuk berkunjung ke tempat ini pada sore hari. Karena pada saat itu banyak penjual makanan yang sudah menggelar dagangannya. Selain itu jika kamu datang pada sore hari, kamu berkesempatan melihat keindahan pemandangan sunset yang indah di pantai melawai.

Lokasi : Jl. Pelabuhan Semayang , Prapatan , Balikpapan Kota , Kalimantan Timur.

2. Pantai Kemala

Gambar Pantai Kemala
Gambar Pantai Kemala

Letaknya tidak terlalau jauh dari Pantai Melawai ada sebuah pantai yang tidak kalah menakjubkan yaitu Pantai Kemala. Lokasi kedua pantai ini cukup berdekatan, tetapi suasana yang ditawarkan di pantai ini sangat berbeda. Kalau di pantai melawai kamu bisa jajan atau makan di pedagang kaki lima tapi di pantai kemala ini lebih kamu akan menemukan beberapa restaurant atau tempat makan dengan hidangan ala eropa. Salah satunya D’Jimbaran, resto ini menawarkan kuliner khas nusantara dan juga Eropa.

Tempat ini juga menjadi favorit warga setempat dan wisatawan dari luar kota saat berkunjung ke balikpapan. Suasananya tak kalah dengan dengan suasana yang ada di pantai jimbaran, Bali. Mulai dari pasir putih, serta ombak di pantainya dan pohon-pohon kelapa yang berjajar di sekitar pantai. Di pantai ini kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan lainnya seperti flying fox, jetski dan juga banana boat.

Lokasi : Jl, Jendral Sudirman , Kota Balikpapan , Kalimantan Timur.

3. Taman Bekapai

Gambar Taman Bekapai
Gambar Taman Bekapai

Taman Bekapai adalah landmark kebanggan warga Balikpapan. Monumen ini dibangun untuk menunjukkan rasa bangganya terhadap kota balikpapan sebagai kota minyak. Taman Bekapai memiliki sebuah patung atau monumen perunggu yang berbentuk abstrak dan air mancur. Air mancur yang didesain dengan adanya pencahayaan yang bagus ini terlihat menyerupai semburan minyak bumi, apalagi saat malam hari. Taman Bekapai merupakan salah satu tempat nongkrong di balikpapan yang cukup terkenal, terdapat banyak kursi-kursi untuk kamu kalau capek dan ingin beristirahat sejenak. selain menjadi tempat nongkrong, taman bekapai ini juga merupakan sebuah tempat wisata malam balikpapan bagi kaum muda dan orang luar Balikpapan.

Lokasi : Jl. Jendral Sudirman, Kladasan Ulu , Balikpapan Kota , Kalimantan Timur.

4. Pantai Manggar Segarasari

Gambar Pantai Manggar Segarasari
Gambar Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarsari menjadi salah satu destinasi favorit bagi liburan dengan keluarga atau kerabat. Bagaimana tidak, pasir putih pantai nya membuat suasana menjadi lebih alami dan seketika pikiran-pikiran yang membuat kita penat, akan terobati dengan indahnya pantai ini. Akhir pekan dan masa liburan selalu ramai oleh pengunjung tetapi tetap ada saja pengunjung yang tidak menjaga kebersihannya ketika sedang ber wisata di pantai yang indah nan elok ini.

Bagi kamu yang ingin bersantai bersama teman-teman atau orang yang ter cinta. Pantai ini cocok sebagai list tempat wisata yang wajib dikunjungi di Balikpapan.

Lokasi : Jl. Pantai Manggar Segarasari , Manggar , Balikpapan Timur , Kalimantan Timur.

5. Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain

Gambar Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain
Gambar Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain

Selain pantai, ada juga wisata di hutan yang bisa  kamu masukkan dalam daftar tempat wisata di balikpapan yaitu Hutan Lindung Sungai Wain. Hutan Lindung Sungai Wain adalah hutan tropis yang masih asri belum tercemar dan belum tersentuh tangan jahil manusia. Hutan ini adalah tempat perlindungan untuk flora dan fauna langka serta tanaman endemik Balikpapan yang bernama jahe balikpapan.

Jika berwisata kesini kamu bisa memilih paket yang disediakan oleh pengelola. paketnya bergantung jumlah tamu yang berkunjung untuk paket A yang terdiri dari 1-6 orang biasanya akan dibanderol harga Rp. 350.000 dengan 2 pilihan tour, pertama adalah track-Eko-PLH-Kebun Raya dan kedua Mangrove dan Selok Puda. Kamu bisa memilih sesuai keinginan kamu.

Lokasi : Jl. Balikpapan -Samarinda Km 23 , Balikpapan , Kalimantan Timur.

6. Bukit Bingkarai Canopy Bridge

Gambar Canopy Bridge Bukit Bingkarai
Gambar Canopy Bridge Bukit Bingkarai

Bukit Bangkirai adalah salah satu hutan tropis yang masih alami di Indonesia. Hutan ini merupakan tempat wisata alam yang memiliki banyak fasilitas seperti kolam renang, restoran sampai dengan cottage bergaya rumah panggung. Nama Bukit Bangkirai berasai dari nama pohon bingkarai. Karena banyaknya pohon bangkirai tumbuh disini, bahkan terdapat pohon bangkirai tertua berusia kurang lebih 150 tahun dengan tinggi 50 meter dan batangnya berdiameter 2.3 meter.

Menariknya di tempat wisata alam yang satu ini ada canopy bridge yang menghubungkan lima pohon bangkirai. Jembatan dengan panjang 64 meter dan tinggi 30 meter ini terbuat dari kabel dengan dasar papan dan dinding berjala. Jembatan ini adalah jembatan kanopi pertama di Indonesia. Kalau kamu ingin menaikinya maka kamu harus membayar 15.000 Rupiah untuk wisatawan domestik dan 30.000 rupiah untuk wisatawn mancanegara. Tapi ketika cuaca tidak begitu bagus, seperti angin kencang atau sedang hujan. Maka jembatan ini akan ditutup untuk sementara sampai cuaca membaik.

Lokasi : Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Barat.

7. Rumah Adat Balikpapan

Gambar Rumah Adat Balikpapan Kalimantan Barat
Gambar Rumah Adat Balikpapan Kalimantan

Bagi kamu yang ingin berwisata sekaligus mengenal budaya lokal dan sejarah kota Balikpapan. Kamu bisa mengunjungi rumah adat balikpapan. Nama rumah adatnya adalah rumah panjang atau rumah bentang. Rumah adat ini cukup unik karena didalamnya dihuni oleh banyak anggota kelaurga, tercatat bisa lebih dari 10 rumah tangga yang tinggal di dalam rumah adat balikpapan ini. Bahkan rumah adat ini bisa dihuni oleh ratusan orang tetapi bayangkan saja jika rumah adat ini dihuni oleh ratusan orang. Suasana di dalam nya tentu akan ramai dan tidak kondusif.

Nah jika kamu dan rombonganmu datang kesini jangan sampai lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini karena tempat wisata rumah adat balikpapan bisa menambah wawasan kita mengenai sejarah di negeri Indonesia.

Lokasi : Balikpapan, Kalimantan

8. Pantai Lamaru

Gambar Pantai Lamaru
Gambar Pantai Lamaru

Pantai lamaru adalah salah satu pantai yang berada cukup jauh dari kota balikpapan. Nama pantai nya berasalah dari nama tempat dimana pantai itu berada, yaitu di Lamaru Balikpapan Timur. Di tempat ini biasanya terdapat banyak wisatawan lokal dan luar kota menghabiskan akhir pekan dan liburan karena suasana nya yang bisa dibilang cukup nyaman untuk bersantai. Tetapi untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Di pantai ini rasanya kurang tepat. Lebih enak untuk menikmati suasana pantai dan suara ombak yang mendayu.

Lokasi : Jl. Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur.

9. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip

Tidak jauh dari pantai lamaru kamu bisa mengunjungi tempat Penangkaran Buaya Teritip. Luas penangkarannya mencapai 5 hektar dan menjadi kan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang banyak di kunjungi pada saat liburan atu pun akhir pekan. Di Penangkaran Buaya Teritip dihuni oleh buaya berjumlah lebih dari 1.500 ekor, disini juga ada kandang ular dan monyet. Kamu bisa menaiki gajah Lampung untuk mengelilingi penangkaran buaya ini karena itu adalah salah satu fasilitas yang di sediakan di tempat ini, tentu saja tidak gratis. Kamu harus merogoh kantong lagi untuk bisa menaiki gajah Lampung. Bagi kamu yang berolahraga, berjalan kaki adalah salah satu pilihan mengelilingi tempat penangkaran ini.

Jika kamu termasuk orang yang suka menikmati kuliner ekstrim. Cobalah datang kesini pada week end atau hari libur karena kamu bisa mencicipi sate buaya. Kamu juga bisa membeli suvenir yang terbuat dari kulit buaya seperti dompet dan ikat pinggang. Penangkaran buaya teritip ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

Lokasi : Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

10. Hutan Bakau Margomulyo

Gambar Hutan Bakau Margomulyo
Gambar Hutan Bakau Margomulyo

Selain Hutan Lindung Sungai Wein, ada hutan satu lagi yang bisa kamu kunjungi di kota balikpapan yaitu Hutan Bakau Margomulyo. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hutan bakau margomulyo ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat berlibur menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Disini terdapat sebuah jembatan kayu yang terbentang sekitar 800 meter sebagai fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung untuk berkeliling dan mengabadikan momen serta menarik minat wisatawan.

Selain jembatan kayu, fasilitas lain yang terdapat disini adalah menara intai. Melalui menara ini kamu bisa melihat aneka ragam burung yang menghuni kawasan Hutan Bakau Margomulyo. Nah bagi yang ingin melihat bekantan, datanglah ke Hutan Bakau Margomulyo pada pagi atau sore hari menjelang matahari terbenam diwaktu-waktu itu biasanya bekantan sering muncul. Tenang saja, bekantan nya tidak akan menggigit karena ada petugas yang siap jaga.

Lokasi : Jl. Sidodadi, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Kalimantan Timur.

Itulah beberapa spot wisata alam yang wajib dikunjungi ketika kamu berkunjung ke Balikpapan. Mungkin tidak cuckup 3 hari untuk mengelilingi wisata alam yang ada di Balikpapan. Tetapi kalau kamu cuma punya waktu sedikit maka pilih lah destinasi wisata yang menurut kamu paling bagus dan photogenic supaya bisa mengabadikan momen dengan pemandangan yang kamu inginkan. Dan semoga artikel ZonaTempatWisata.Com ini bisa dijadikan refernsi ketika kamu berkunjung ke kota Balikpapan, Kalimantan Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *